PENYAJIAN DATA

PENYAJIAN DATA
Tabel merupakan media penyajian data yang sering digunakan, tidak hanya dalam bidang statistik murni, tetapi juga dalam bidang-bidang keilmuan Lainnya. Ada beberapa jenis tabel yang umum digunakan.
Disini saya akan menjelaskan sedikit jenis-jenis tabel tersebut jika ditinjau dari jumlah karakteristik yang dimuat dalam tabel.

1. Tabel satu arah

Tabel satu arah adalah tabel yang memuat keterangan mengenai satu hal atau satu karakteristik saja. karakteristik yang ditunjukkan bisa berupa jumlah, frekuensi, ukuran, kadar/persentasi, dan lain sebagainya. Ini merupakan bentuk tabel yang paling sederhana dan paling mudah dibuat.

Contoh tampilan tabel satu arah


 Daftar Inventaris Kelas X-1 menurut jenis barang, Tahun Ajaran 2015/2016



2. Tabel dua arah

Tabel dua arah adalah tabel yang menunjukkan hubungan antara dua hal atau karakteristik. Misalnya data jumlah penduduk menurut umur dan jenis kelamin, asal daerah dan agama, jumlah mahasiswa menurut jurusan dan jenis kelamin, dan lain sebagainya.

Contoh tampilan tabel 2 arah

 Jumlah Mahasiswa STIS menurut tingkat dan jurusan Tahun 2015



3. Tabel 3 arah

Tabel tiga arah adalah tabel yang menunjukkan hubungan antara tiga hal atau tiga karakteristik. Misalnya data mahasiswa menurut jenis kelamin, asal daerah, dan jurusan, data jumlah penduduk menurut kecamatan, kelompok umur dan jenis kelamin, data petani padi menurut kategori luas lahan, umur, dan jenis kelamin, dan masih banyak contoh tabel 3 arah lainnya.

Contoh tampilan tabel 3 arah

Jumlah karyawan perusahaan YZ menurut bagian kerja, jenis kelamin, dan pendidikan tertinggi yang ditamatkan Tahun 2017


Macam-Macam Diagram - Diagram terbagi atas beberapa jenis baik bentuk dan gambar yang berbeda, antara lain sebagai berikut

a. Diagram Garis
Pengertian Diagram Garis - Diagram garis adalah penyajian data statistik dengan memakai garis yang melakukan pengamatan dari waktu ke waktu secara berurutan. Sumbu X menunjukkan waktu pengamatan dan sumbu Y menunjukkan nilai-nilai data pengamatan untuk waktu tertentu. Gabungan waktu dan pengamatan membentuk titik XY. 


b. Diagram Lingkaran
Pengertian Diagram Lingkaran - Diagram lingkaran adalah penyajian data statistik dengan memakai gambar yang berbentuk lingkaran. Lingkaran tersebut dibagi dalam beberapa bagian yang menyatakan nilai dengan bentuk persen.
Pengertian Diagram Lingkaran

cDiagram Batang 
Pengertian Diagram Batang - Diagram batang adalah diagram yang menunjukkan bilangan atau kuantitas yang dinyatakan dalam bentuk persegi panjang atau persegi. Pada umumnya diagram batang menggambarkan perkembangan nilai-nilai suatu objek penelitian dalam kurun waktu tertentu. Diagram batang menunjukkan batang-batang tegak, mendatar, dan sama lebar dengan batang-batang terpusah. 
Pengertian Diagram Batang


d. Diagram Batang Daun 
Pengertian Diagram Batang Daun - Diagram batang daun adalah diagram sebagai contoh penyebaran data yang datanya diurutkan terlebih dahulu dari yang terkecil ke terbesar. Diagram terbagi atas dua yaitu diagram batang dan daun. Diagram batang daun memuat angkat puluhan serta bagian daun memuat angka satuan.  
Pengertian Diagram Batang Daun
  


e. Diagram Kotak Garis
Pengertian Diagram Kotak Garis - Diagram kotak garis adalah data statistik yang dipakai untuk menampilkan diagram kotak garis yaitu statistik lima serangkai, yang terdiri dari data ekstrim (data terkecil dan data terbesar). Q1, Q2, Q3.  
Pengertian Diagram Kotak Garis
f. Diagram Gambar


Pengertian Diagram Gambar - Diagram gambar atau piktogram adalah diagram dimana datanya disajikan dalam bentuk gambar atau lukisan untuk mewakili benda yang menampilkan banyak benda sesungguhnya.

referensi :
http://eijuntwenty.blogspot.com/2014/05/jenis-jenis-tabel.html
http://www.artikelsiana.com/2015/04/pengertian-diagram-macam-contoh.html
https://www.slideshare.net/nurwaningsih1/statistika-dasar-penyajian-data 

0 Response

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel